icomit

Just another WordPress.com site

Skema Struktur Sistem Pakar

Berikut adalah skema struktur sistem pakar yang akan dibahas.

Skema struktur sistem pakar

Struktur dasar dari sistem pakar dapat dibagi menjadi dua area utama, yakni area konsultasi dan area pengembangan.

Pada area konsultasi, seorang user yang bukan ahli dapat berinteraksi/berkonsultasi dengan sistem pakar melalui antarmuka program sistem pakar. Melalui antarmuka ini sistem pakar mencoba untuk mengumpulkan informasi tentang masalah dari user, biasanya melalui mekanisme tanya jawab. Berbeda dengan area konsultasi, pada area pengembangan dikususkan untuk para ahli yang mengembangkan sistem pakar yang bersangkutan. Disini para ahli tersebut dapat menambahkan informasi kepakaran dari seorang pakar kedalam knowledge base-nya(basis pengetahuan) maupun mengembangkan komponen-komponen motor inferensi-nya.

Input dari user melalui antarmuka diteruskan ke motor inferensi untuk dilakukan pemrosesan lebih lanjut. Motor inferensi sendiri merukan kumpulan metodelogi yang digunakan untuk melakukan penalaran terhadap informasi di dalam knowledge base dan blackboard. Dengan penalaran tersebut diharapkan user mendapatkan solusi yang sesuai dengan masalahnya.

Di dalam area konsultasi terdapat fasilitas penjelasan yang berperan selayaknya sistem logging program yang berfungsi merekam setiap aktifitas dari system pakar. Aktifitas yang direkam dititik beratkan kepada perekaman langkah per langkah bagaimana sistem pakar mengemukakan suatu solusi melalui sejumlah input user dalam mekanisme tanya jawab. Dengan adanya fasilitas penjelasan ini diharapkan seorang user dapat menelusuri alur dari penalaran sisem pakar yang bersangkutan.

Selanjutnya, dalam area pengembangan terdapat mekanisme bagaimana pengetauan dari seorang pakar diolah menjadi knowledge base yang mutakhir sehingga mampu menjawab permasalahan yang dihadapi seorang user. Dari skema tergambar jelas bahwa seorang ahli(pengembang sistem pakar) menjembatani antara seorang pakar dengan sistem knowledge base melalui suatu rekayasa pengetahuan.

Di dalam area pengembangan juga terjadi proses penyaringan pengetahuan yang melakukan evaluasi terhadap konten pengetahuan yang ada di dalam knowledge base. Evaluasi dilakukan agar tidak terjadi suatu pengetahuan yang tidak relevan terhadap masalah yang selalu berkembang.

Demikian kesimpulan yang dapat saya paparkan dari skema struktur sistem pakar. kesimpulan yang saya ambil setelah saya menelaah dari berbagai reverensi yang saya dapat setelah saya browsing. di antara reverensi-reverensi tersebut antaralain:

1. Blog UIN Maliki Malang

2. Skema struktur dan komponensistem pakar (pdf)

3. Struktur sistem pakar (ppt)

3 responses to “Skema Struktur Sistem Pakar

  1. ti aj January 4, 2011 at 11:27 am

    wah, ternyata simtem pakar kyak gtu y.._

  2. File Blog January 22, 2011 at 11:39 pm

    Wow banyak bnget Ilmu di blog ini. mantaps..

  3. Rofianto January 25, 2011 at 3:16 am

    sering2 berkunjung prend…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: