icomit

Just another WordPress.com site

MEMODIFIKASI WIDGET WORDPRESS

Saat pertama kali membangun blog dengan wordpress, secara otomatis wordpress memberikan pengaturan default untuk widgetnya. Jadi disana sudah ada beberapa widget default seperti Archive, Relative Post, dsb… Nah terus, bagaimana cara kita mengatur widget agar widet yang ditampilkan pada blog sesuai dengan selera kita masing-masing. Ok, mari kita ulas bersama-sama.

Pertama, pastikan kita sudah login sebagai user administrator. Di jendela administrator pada menu yang berjejalan di sisi kiri, klik menu Appearance hingga muncul beberapa pilihan sub menu, pilih sub menu widget.

Setelah kita klik sub menu widget maka muncul jendela widget seperti pada gambar berikut.

Pada jendela widget tedapat dua area penting. Yakni area sebelah kiri yang berisi Available Widget yang berisi widget witget yang belum terpasang pada blog kita. Kemudian ada bagian kanan, Primary Widget Area yang berisi widget-widget yang telah terpasang pada blog.

Untuk memasang dari Available Widget ke Primary widget Area, kita tinggal menggeser widget yang akan kita pakai ke dalam area Primary Widget Area. Kemudian jika kita ingin membuang widget yang terpasang maka kita tinggal menggeser widget tersebut keluar are Primary Widget Area.

Untuk lebih jelasnya, akan saya contohkan bagaimana saya akan memasang widget Recent Post, yakni widget yang berfungsi untuk menampilkan postingan terbaru.Ok, pada bagian Available Widget, cari widget yang bernama “Recent Post”. Kemudian kita tinggal mendragnya ke Primary Widget Area.

Setelah widet Recent Post berada pada Primary Widget Area, klik tanda panah pada widget Recent Post hingga muncul jendela pengaturannya.

Setelah selesai melakukan beberapa pegaturan, save, kembali buka blok kita, lakukan reload, kemudian lihat perubahan yang terjadi pada blok.

Berikut adalah beberapa widget yang perlu anda pasang pada blog anda.

  1. Search : berfungsi sebagai alat untuk mencari postingan yang ada pada blog.
  1. Categories : untuk menampilkan postingan dalam berbagai kategori yang ditentukan sebelumnya.
  2. Archive : mengarsipkan postingan berdasarkan bulan dimana artikel tersebut diposting.
  3. Links : Menampilkan daftar link pada blok.
  4. Blog Stat : untuk menampilkan jumlah kunjungan ke blog.

Demikian beberapa ulasan yang dapat saya bagi bagi para blogger, khususnya yang pemula untuk bisa mengembangkan blog hingga menjadi blog yang menarik minat bagi para pengguna internet untuk mengunjungi blog kita.

Thanks…

Download File PDF

2 responses to “MEMODIFIKASI WIDGET WORDPRESS

  1. DnA December 13, 2010 at 10:53 pm

    Widget di wordpress juga bisa ditambah sesuai keinginan kita. misal dengan WP-Cumulus yang akan menampilkan tag dan categories dengan lebih menarik lagi yaitu dengan animasi bola berputar. cek di blog-blog berikut buat contohnya:
    http://adt.deniarifianto.com
    http://janir.deniarifianto.com
    http://penjar.deniarifianto.com
    tidak itu aja, masih banyak sekali widget-widget yang bisa ditambahkan seperti animasi jam, kalender, note, games, dan lain-lain.

  2. yulielfiani July 23, 2012 at 6:54 am

    ko ga bisa sih, udah ku coba padahal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: